Selasa, 20 November 2012

Amien Rais: Islam Mengajarkan High Politics Bukan Low Politics

Sudah menjadi rahasia umum jika tingkat elektabilitas pastai-partai Islam belakangan ini merosot tajam. Cukup ironi, padaha Indonesia terkenal dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. tentu banyak faktor yang dapat menjelaskan fenomena ini, salah satunya adalah nalar dan etika politik partai-partai Islam yang jauh dari tatanan Islam itu sendiri.
M. Amien Rais pernah membuat kategorisasi politik secara praktis, yaitu politik kualitas-tinggi (high politics) dan politik kualitas-rendah (low politics). Mantan ketua PP Muhammadiyah tersebut menegaskan bahwa bagi Muslim, tindakan politik adalah baik jika berguna bagi rakyat sesuai dengan ajaran “Islam rahmatan li al-alamin” [Islam merupakan rahmat bagi seluruh alam semesta].
Menurutnya, politik kualitas-tinggi memiliki tiga ciri. Pertama, memandang jabatan politik sebagai amanah, dan karena itu tidak disalahgunakan, apalagi korupsi. Kedua, jabatan politik mengandung pertanggung jawaban (mas’uliyyah, accountability), terutama di hadapan Allah. Ketiga, jabatan politik didasarkan kepada prinsip ukhuwwah (brotherhood), persamaan di antara umat manusia.
Merosotnya tingkat elektabilitas partai Islam bisa jadi lantaran politik yang dimainkan masuk dalam kategori low politics yang mengedepankan tujuan-tujuan pragmatis. Nilai-nilai adiluhung Islam dalam urusan politik hanya menjadi gincu untuk menyerap suara rakyat. Namun sayangnya, kini masyarakat sudah semakin cerdas dan dewasa yang menjadikannya kebal atas mantra-mantra politik partai-partai Islam. [Jid]

sumber: LB

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Pak Amien sudah lupadengan ajarannya sendiri soal High Poitics...kini dia suka dengan low poitics.....suka dg data gak benar,. nyinyir gak jelas dll..

    Bilang ke Amien Rais, yang Berat itu Bukan Dukung Prabowo, tapi 4 Hal ini! Jangan Nyesal! http://tz.ucweb.com/4_4HtGt


    Prabowo: Hanafi Mirip Amien Rais. Inilah Pembenci Jokowi Berikutnya! Jangan Baper Dulu! http://tz.ucweb.com/4_4ET6I
    Amien Rais Jangan Lagi Bernazar di Pilpres 2019, Dosa Besar jika Tidak Dikerjakan! http://tz.ucweb.com/4_4zPYP #JumatBerkah


    Amien Rais: KPK Alat Politik Jokowi Jelang Pilpres, Bibit Samad Sebut OTT sesuai Prosedur http://tz.ucweb.com/4_4NixM


    Aktivis 98: Amien Rais Jangan Lagi Klaim sebagai Bapak Reformasi. Titik! http://tz.ucweb.com/4_4MZV8

    BalasHapus