Senin, 01 April 2013

Polda Sulteng: Pelaku Penembakan Polisi 10 Orang

Pelaku penembakan tiga anggota Brigade Mobil (Brimob) hingga tewas di Desa Kalora, Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (20/12), berjumlah sekitar sepuluh orang.

“Kami telah meminta keterangan dari anggota kami yang berhasil menyelamatkan diri dalam insiden penembakan tersebut dan mereka menyatakan jumlah orang tidak dikenal bersenjata yang melakukan penyerangan berjumlah sekitar 10 orang,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) Ajun Komisaris Besar (AKB) Soemarno, Kamis sore.

Menurutnya, peristiwa itu bermula saat belasan anggota Brimob Polda Sulteng yang bertugas di lokasi tengah melakukan penyisiran di kawasan tersebut dengan menggunakan beberapa unit sepeda motor dan satu mobil.

Tiba-tiba, saat akan melalui salah satu belokan, sebanyak 10 orang dengan menggunakan senjata laras panjang datang dari perbukitan dan langsung menembaki petugas. Akibatnya, tiga anggota Brimob tewas dan tiga lainnya terluka.

“Para pelaku melakukan penembakan dari atas bukit. Meskipun telah berusaha menghindar, peluru para pelaku mengenai enam anggota, tiga di antaranya meninggal dunia,” ujarnya.

Usai melakukan aksi para pelaku langsung pergi meninggalkan lokasi sambil terus melakukan penembakan ke arah polisi.

Dalam peristiwa itu, Polda Sulawesi Tengah memastikan tidak ada warga sipil yang menjadi korban. “Penembakan memang terjadi di jalur umum dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Namun dapat dipastikan tidak ada warga sipil yang jadi korban,” kata Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Brigjen Dewa Parsana.

Menurutnya, saat kejadian berlangsung, jalur tersebut dalam keadaan sepi dan tidak ada warga yang melintas di lokasi. Seusai penembakan jalur tersebut sempat ditutup sementara karena masih dianggap rawan sekaligus untuk memudahkan proses olah tempat kejadian perkara. (sf)

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar