Sabtu, 06 April 2013

Menag: Islam Benci Kekerasan


 

Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan bahwa Islam sebagai rumah besar umat muslim sangat membenci adanya kekerasan. Islam di Indonesia, menurut dia adalah yang ramahmatan lil alamin, pembawa kedamaian.

“Ulama dan alumni punya kewajiban untuk meluruskan pandangan negatif terhadap Islam dan harus menjelaskan kepada dunia bahwa Islam adalah agama ramatan lil alamin, sebagai pembawa kebaikan bagi seluruh umat,” ujar Suryadharma dalam sambutan acara reuni akbar Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Jawa Barat, Jumat (21/12/2012).

Pasalnya, kata dia Islam selama ini dikesankan negatif sebagai agama radikal, dekat dengan teroris dan berbagai stigma miring lainnya terhadap umat muslim. Menurutnya, ada sebagian pihak yang memberikan stigma dan mengeneralisasi bahwa Islam sebagai agama kekerasan.

“Ketika terjadi kekerasan, stigma muncul dari kalangan tertentu bahwa hal itu adalah pelakunya umat Islam. Bahkan disebut sebagai agama teror dan berdarah. Pandangan miring tersebut membuat umat Islam menjadi sibuk untuk meluruskannya. Padahal Islam tidak demikian,” tandas Menag.

Ia mengharapkan pertemuan alumni dapat memberikan nilai positif bagi posisi umat Islam dewasa ini untuk menjaga kerukunan umat dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan umat Islam ke depan.[wan]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar