Minggu, 07 April 2013

Islam Harus Mengayomi Agama Lain




Sebagai agama mayoritas Islam harus mengayomi agama-agama lainnya. Hal itu sudah menjadi kewajiban dan tuntunan agama untuk menjaga kerukunan antarumat beragama.

Hal itu dikatakan Suryadharma dalam sambutan acara reuni akbar Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, Jawa Barat, Jumat (21/12/2012).

“Realitas yang ada kerukunan itu sifatnya dinamis dan fluktuatif. Kadang berada pada posisi stabil dan baik, kadang menghadapi masalah. Untuk itu, perlu ada pemahaman yang baik tentang hal ini. Dan kerukunan pun dapat berubah karena berbagai hal, apakah karena sengaja atau tidak, diciptakan oleh oknum tak bertanggung jawab,” kata Suryadharma.

Misalnya, lanjut dia ada yang menciptakan aliran baru, melakukan penodaan. Akibatnya timbul ketidakharmonisan di masyarakat. Ada yang memutarbalikan ayat, ada aliran sempalan dan semua itu merupakan dinamika yang harus disikapi dengan dewasa.

“Untuk pendidikan agama diharapkan menempati posisi strategis untuk menangkis berbagai persoalan ke depan. Termasuk upaya pemberdayaan ekonomi,” ujarnya.[wan]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar