Senin, 06 Mei 2013

Polisi Ungkap Peran 2 Tersangka Teroris Poso

 

Rupanya M yang dibekuk kepolisian pada Jumat (21/12/2012) merupakan orang yang menyediakan lahan untuk pelatihan teror di Gunung Kalora, Desa Tambarana, Poso Pesisir, Poso Sulawesi Tengah  yang diungkap beberapa pekan lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar menjelaskan bahwa M diduga kuat sebagai pihak yang memfasilitasi kelompok teror untuk melakukan pelatihan militer.
“Lahan yang digunakan kelompok ini ternyata ada kaitannya dengan saudara M yang saat ini diperiksa di Poso dan dijadikan tersangka,” kata Boy dalam jumpa persnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (26/12/2012).

Selain M, polisi juga mengungkap peran Solihin yang sudah ditangkap terlebih dahulu saat penggerebekan di lokasi yang akan dijadikan tempat latihan teror pada 12/12/2012.
“Dia ditangkap saat penemuan tempat pelatihan, di Poso. Waktu itu ada Solihin, dan disita beberapa butir peluru dan senjata,” ujar Boy.

S dan M diduga kuat berkaitan dengan kelompok yang melakukan serangan terhadap anggota brimob yang sedang melakukan patroli.”Mereka berkaitan dengan Santoso, dia DPO dan dalam upaya pengejaran,” ujarnya.

Boy pun meminta supaya masyarakat di Poso bisa bekerjasama untuk memberikan informasi terkait jaringan teroris yang kini masih berkeliaran di Poso.

“Penemuan lahan dari informasi masyarakat, M juga informasi dari masyarakat artinya melaporkan orang yang dicurigai. Kita berharap perangkat desa untuk mendeteksi pendatang baru di wilayahnya, ini penting. Dari dua orang ini nyatanya adalah orang-orang yang tidak diterima masyarakat,” ucap Boy. (sf)

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar