Senin, 20 Mei 2013

Agar Tak Dibajak Negara Lain, Lestarikan Budaya Indonesia






Masyarakat Indonesia jangan bosan-bosan untuk melestarikan kesenian dan alat musik khas nusantara. Kalau bukan kita siapa lagi? Pesan ini terucap oleh ibu negara Ani Bambang Yudhoyono saat menerima pengurus Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) dan Grup Nandayu.

Menurutnya, kebudayaan Indonesia yang ditiru negara lain terjadi akibat banyaknya WNI yang bekerja di luar negeri. Seperti di Malaysia dan negera-negara tenggara lain, yang terjadi adalah WNI mencari nafkah sekaligus membawa budaya nusantara. Budaya inilah yang diaku mereka.

"Itu yang suka membuat kita terkadang geram. Tapi itu berbalik kepada kita sendiri, mau melestarikannya atau tidak. Kalau kita malas melestarikannya, ya orang lain yang mengambilnya," jelas Ani di Jakarta, Selasa (14/5).

Pelestarian yang dilakukan oleh Pinkan dan Grup Nandayu, bagi istri Presiden SBY, amat mulia. "Kolintang milik bangsa Indonesia, ada di bumi Indonesia sejak jaman dahulu. Kalau tidak kita lestarikan khawatir akan punah," ucapnya.

Menurut Ketua Pinkan Arie Soedibjo, kolintang kini memang sedikit dilupakan masyarakat. "Mungkin karena tergerus dengan band. Ini awalnya kenapa Pinkan kita dirikan," tambah Arie. [Mh]

#Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar