Kamis, 04 Juli 2013

Tanamkan Syiar Islam Sejak Dini

 
Sebanyak 1.601 santri Taman Kanak-Kanak Alquran dan Taman Pendidikan Alquran (TKA-TPA) se-Kulonprogo mengikuti wisuda di Gedung Kesenian, Wates (17/3). Selain menjadi evaluasi, wisuda bertujuan pengembangan kemampuan syiar Islam sejak dini.

Ketua Panitia Wisuda Abdul Wahab Wijaya mengatakan santri TKA-TPA yang diwisuda berasal dari 12 kecamatan se-Kulonprogo. “Wisuda dilaksanakan dua tahun sekali, berselang dengan pelaksaan wisuda pada masing-masing rayon (kecamatan),” ungkapnya.

Abdul Wahab menjelaskan, santri yang diwisuda tahun ini yakni santri yang sudah selesai belajar iqra’ dan bisa membaca Alquran di TPA. Jangka waktu belajar iqra’ ditargetkan selesai dalam waktu satu tahun. Para santri yang diwisuda rata-rata berusia 7 tahun-12 tahun. “Penyelesaian belajar iqra’ kami sesuaikan dengan kemampuan anak,” kata Koordinator Bidang Supervisi dan Akreditasi Badan Koordinasi (Badko) TKA-TPA Kulonprogo ini.

Para santri yang sudah diwisuda akan melanjutkan jenjang pendidikan sesuai kurikulum TKA-TPA. Diharapkan bisa membaca Alquran dan melaksanakan ibadah seperti salat dan wudhu serta hafal bacaan surat pendek maupun ayat pilihan. Dia berharap ilmu yang diperoleh diterapkan dalam amalan sehari-hari. “Tahap selanjutnya mereka akan melanjutkan pada tingkat lebih lanjut yakni membaca Alquran hingga khatam,” kata dia.[az]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar