Jumat, 18 Oktober 2013

Umat Budha Indonesia Prihatin dengan Nasib Etnis Rohingya



Ketua Umum Walubi, Ir Arief Harsono menjelaskan bahwa umat Buddha Indonesia sangat prihatin atas konflik yang terjadi di Myanmar dan sudah meminta pemerintah Myanmar menghentikan kekerasan serta memberikan status warga terhadap etnis Rohingya. Selain itu sejak jauh hari Walubi dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah sepakat mengeluarkan sikap menentang kekerasan yang terjadi pada warga Rohingnya di Myanmar.

Usaha lainnya yang telah dilakukan Walubi adalah mendesak pemerintah Myanmar agar segera menyelesaikan konflik tersebut, dan minta pemerintah Indonesia serta badan-badan internasional bisa berperan aktif membantu penyelesaian konflik di negara itu. Umat Islam dan Buddha diimbau pula agar menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Sementara itu, Wakil Ketua Walubi, Suhadi Sanjaya mengungkapkan, imbauan serupa juga telah disampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan. Hanya saja, ketika hendak menjumpai Duta Besar Myanmar di Jakarta, untuk menyampaikan pesan tersebut belum mendapat respon positif. “Negara itu terkesan tertutup. Jadi, tak heran ketika hendak mendatangi kedutaannya saja masih menghadapi kesulitan,” katanya.

Selain itu, Walubi juga sudah mengumpulkan dana untuk membangun rumah bagi warga Muslim Rohingnya sebanyak 9.000 unit dan bantuan tersebut sudah disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI). [Mh]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar