Sabtu, 09 November 2013

Pesan Etis Paus: Hentikan Pemujaan terhadap Uang


Reformasi etika keuangan yang lebih gencar dibutuhkan demi membebaskan orang dari belenggu tirani uang. Demikian pernyataan Paus Fransiskus dalam pidato pertamanya tentang krisis keuangan di depan khalayak pada Kamis (16/5).

Pemimpin besar Katholik seluruh dunia ini juga menyerukan agar para pemimpin dunia menghentikan  ’pemujaan terhadap uang’ danlebih banyak melakukan sesuatu untuk mengangkat derajat kaum miskin.

“Uang itu fungsinya untuk melayani, bukan untuk memerintah”, katanya kepada para diplomat di Vatikan.

Menurut Paus Fransiskus, ekonomi pasar bebas telah menciptakan suatu tirani yang membuat manusia dinilai hanya dari kemampuan untuk mengkonsumsi. Seraya mengutip  Alkitab  tentang kisah ‘pemujaan atas anak lembu emas’, ia menyebut kisah lama itu kembali terulang saat ini dengan banyaknya manusia  yang menjadi pemuja uang.

Inilah yang menjadikan reformasi mutlak dilakukan karena kemiskinan telah menjadikan jumlah sangat besar dari orang-orang yang berjuang untuk hidup dengan cara yang tidak bermartabat.

“Saya ingin gereja yang miskin dan untuk orang miskin,” ujar Paus Fransiskus seraya memperingatkan bahaya kediktatoran ekonomi yang tidak memiliki tujuan kemanusiaan. [Mh]

Sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar