Selasa, 27 Agustus 2013

Upaya Bangun Peradaban, Muhammadiyah Budayakan Gerakan Membaca



Membaca adalah kunci perubahan dan akar dari peradaban. Karena itu, membudayakan gerakan membaca sangat penting untuk mendorong dan membangun sebuah peradaban. Wacana itu diungkapkan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

“Bahkan Rosulullah dalam wahyu pertamanya juga merupakan perintah untuk membaca,” kata Din dalam acara pembukaan Taman Pustaka Muhammadiyah di halaman gedung SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Selasa, 19/3/2013.

Menurut dia, gerakan membaca perlu didorong dan digalakkan, karena hanya itulah yang akan mendorong majunya kebudayaan dan peradaban, terutama peradaban Islam. Karena membaca, kata Din, merupakan bagian dari menuntut Ilmu yang memang menjadi kewajiban seorang muslim untuk selalu mencari Ilmu.

Hal tersebut, menurut Din, jelas tersurat dalam Hadis “Barang siapa menghendaki kebahagiaan di dunia, maka ia harus memiliki ilmu dan barang siapa menghendaki kebahagiaan akhirat, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki kebahagiaan keduanya maka harus memiliki ilmu’.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum Muhammadiyah ini juga mengajak warga Muhammadiyah untuk membuat gerakan waqaf buku, karena dengan begitu, perpustakaan atau Taman Pustaka Muhammadiyah menjadi dapat lebih hidup dan mempunyai aktifitas yang dinamis.[az]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar