Senin, 19 April 2010

LAZUARDI BIRRU Pioneer Program Deradikalisasi

Sejumlah gerakan radikal banyak terdengar ditelinga kita, khusunya dari media televisi mulai dari aksi radikal hingga beragam aksi bom bunuh diri.

Dengan latar belakang itu, Lazuardi Birru, lewat Nugroho Wahyujatmiko mengatakan Lazuardi Birru akan mensupport program deradikalisasi dengan mengadakan diskusi, gerakan grass root, hingga simposium untuk membahas cetak biru program deradikalisasi.

Misalnya, untuk program simposium Lazuardi akan mengundang beberapa pakar di bidangnya dan beberapa pengamat Indonesia mulai dari dalam hingga luar negeri. Dari program simposium tersebut Lazuardi Birru akan menciptakan blue print program deradikalisasi yang efektif di Indonesia.

Beberapa pendekatan Lazuardi yang mengedepankan deradikalisasi yang efektif yakni membangun kekuatan yang solid dari masyarakatnya kemudian menjalin komunikasi multi channel yang membuka ruang diskusi yang bebas lewat hadirnya Lazuardi di Facebook dan twitter dengan sandi islamdidadaku.


Tindakan pencegahan dengan subject deradikalisasi ini digalang agar tidak ada lagi yang terkena paham radikal, seperti tindakan fisik yang serampangan. Kemudian penanganan terhadap tersangka teroris yg sudah tertangkap dan dipenjarakan agar dapat menghilangkan paham radikalnya dan memungkinkan untuk menularkan aksi damai.

Wacana lebih lanjut adalah membahas upaya yang akan dilakukan kepada tersangka teroris yang sudah bebas masa tahanan. Dari sisi kekeluargaan juga perlu diperhatikan karena biasanya paham radikal tersebut timbul juga di keluarga tersangka.

Bagaimana dengan Anda? apa mau ikut membangun Indonesia yang Anti radikalisasi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar